AWAS BAHAYA LATEN DEMAM BERDARAH « Infosehat09hartonoprasetyo's Blog ~ Juices and Food

AD (728x90)

Selasa, 04 Mei 2010

AWAS BAHAYA LATEN DEMAM BERDARAH « Infosehat09hartonoprasetyo's Blog

Share it Please

Penyakit demam berdarah dapat menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Kaya atau miskin, tua atau muda, laki-laki atau perempuan , buta huruf atau melek huruf dapat diserang olehnya. Bila terlambat penanganannya, resiko paling fatal dapat terjadi yaitu kematian. Demam berdarah sudah menjadi endemis di Indonesia artinya bisa terjadi sepanjang tahun dan meningkat pada musim hujan atau pancaroba. Tingginya kasus demam berdarah erat sekali kaitannya dengan kebersihan rumah dan lingkungan.

Penularan demam berdarah dilakukan nyamuk betina Aedes aegypti dan Aedes albopictus.Selain demam berdarah penyakit lain yang ditularkan oleh nyamuk ini adalah demam kuning (yellow fever) dan Chikunguya. Kedua jenis nyamuk ini terdapat hampir di seluruh pelosok Indonesia kecuali di tempat dengan ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut.

GEJALA DEMAM BERDARAH

Gejala klasik dari demam berdarah adalah demam tinggi disertai nyeri otot (mialgia) dan nyeri sendi (apalgia) sehingga badan terasa capek. Hal ini diikuti dengan munculnya bintik/bercak perdarahan di bawah kulit. Namun kadang-kadang gejala klasik ini tidak tampak sehingga kewaspadaan menurun.

Bila digambarkan dalam bentuk grafik, maka demam pada penderita demam berdarah akan berbentuk seperti pelana kuda, dimana :
Hari ke 1 â€" 3 demam tinggi
Hari ke 4 â€" 5 demam turun
Hari ke 6 â€" 7 demam tinggi

Gejala pada anak biasanya lebih berat, karena :
1.    Kekebalan tubuh anak umumnya kurang kuat.
2.    Anak sulit minum, bahkan ketika di rumah sakitpun sering tidak mau minum hanya menangis, padahal obat utama demam berdarah adalah kecukupan jumlah cairan.
3.    Anak belum mengerti arti vital sign sehingga tidak memberitahu orang tuanya.

Akibatnya pada banyak kasus, anak dibawa ke rumah sakit dalam kondisi shock. Kondisi shock menjadi titik kritis terjadi kematian atau tidak karena pada saat itu cairan darah keluar dari pembuluh darah.

Gejala shock
Denyut nadi melemah namun frekuensinya cepat, kulit dingin dan lembab karena cairan sudah banyak keluar (termasuk darah), mulut membiru karena suplai oksigen rendah (akibat jumlah trombosit < 100.000/mm3) dan tekanan darah menurun drastis.

Kondisi fisik anak yang menderita demam berdarah sebagai berikut :
Selain panas yang tinggi, anak juga terlihat lemas, tidur terus, tidak mau beraktivitas, mengeluh sakit otot/sendi/kepala, merasa mual dan ingin muntah.

Meskipun demikian, demam berdarah pada pasien anak tidak diikuti dengan penyakit penyerta. Sedangkan pada pasien dewasa dapat diikuti dengan penyakit jantung, ginjal dan diabetes.

JENIS DEMAM BERDARAH

Menurut dr Hindra Irawan Satari, SpA(K) berdasarkan kerentanan terhadap perubahan cairan, maka demam berdarah dibedakan menjadi 2 yaitu :
1. Demam Dengue (DB)
Infeksi virus dengue tidak menyebabkan kebocoran pembuluh darah.
2. Demam berdarah Dengue (DBD)
Infeksi virus dengue menyebabkan kebocoran pembuluh darah

Kebocoran pembuluh darah, menyebabkan terganggunya keseimbangan cairan tubuh.

Artikel lain mengenai jenis demam berdarah dapat diklik disini

PENANGANAN DEMAM BERDARAH

1.    Berikan obat penurun panas saat demam tinggi. Demam akan berulang saat kekuatan obat habis.
2.    Lakukan pemeriksaan laboratorium bila demam > 2 hari. Biasanya dari pemeriksaan itu terlihat jumlah trombosit menurun (< 100.000 /mm3) dan indikator kekentalan darah (hematokrit) meningkat

Selain obat-obatan modern, terapi herbal yang sering digunakan masyarakat adalah daun jambu biji,  angkak, jus buah jambu biji, jus buah jambu merah, buah angco.

Berdasar hasil penelitian yang dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran dan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, yang sejak 2003 meneliti ekstrak daun jambu biji untuk pengobatan DBD ditemukan bahwa daun jambu biji mengandung senyawa tanin dan flavonoid quercetine yang dapat menghambat aktivitas enzim reverse trancriptase yang berarti menghambat pertumbuhan virus berinti RNA (termasuk virus Dengue).

Menurut Pusat Informasi Obat Universitas Gadjah Mada (PIOGAMA), jus buah jambu biji juga diduga kuat dapat mempercepat penyembuhan pasien DBD. Buah jambu biji mengandung vitamin dan zat gizi yang cukup lengkap, di antaranya vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, karbohidrat, fosfor, besi, protein, lemak, dan air. Kandungan zat gizi itulah yang berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh pasien guna melawan virus penyebab DBD.

Cara pemakaian angkak :
3 sendok teh direbus dengan air kurang lebih 150 mililiter hingga 50 mililiter. beri gula batu secukupnya. (harap dicicip dulu karena pahitnya mengalahkan jamu brotowali). Komposisi dapat diubah, dimana perbandingan masa air sesudah dan sebelum kira-kira 1/3 bagian. â€"> 3gelas jadi 1 gelas.
Angkak dapat diperoleh di toko obat.
Intinya adalah segera mengganti cairan tubuh yang keluar. Ciri-ciri badan yang kekurangan cairan adalah :
merasa haus terus menerus, mulut kering dan jarang buang air kecil

Berapa banyak kebutuhan cairan tubuh ?
1. Dewasa: 50 cc/kg BB/hari
2. Anak: Untuk 10 kg BB pertama: 100cc/kg BB/ hari
- Untuk 10 kg BB kedua: 50 cc/kg BB/ hari
- Untuk 10 kg BB ketiga dan seterusnya: 20 cc/kg BB/hari
Contoh: Anak umur 8 tahun dengan BB 23 kg, berarti kebutuhan cairan perharinya adalah ((100×10) + (50×10) + (20×3))= 1560 cc

3.    Bila terlihat tanda shock (denyut nadi melemah dengan frekuensi cepat, kulit dingin & lembab, mulut membiru, tekanan darah turun drastis) segera bawa ke UGD terdekat.

Tidak ada obat yang secara spesifik mengatasi virus Dengue. Pengobatan hanya mengatasi gejalanya.

PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH

1.    Mempunyai pola hidup sehat, seperti makan makanan yang bergizi, olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup.
2.    Saat memasuki musim pancaroba, tingkatkan kebersihan rumah dan lingkungan. Lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 3 M Plus yaitu :
a.    Menguras tempat berkembang biak jentik nyamuk
b.    Menutup wadah air
c.    Mengubur kaleng & ban bekas yang dapat menjadi sarang nyamuk
PLUS
-    Menggunakan kawat kasa
-    Menggunakan kelambu saat tidur siang
-    Menggunakan obat nyamuk oles/repellent
-    Menggunakan obat nyamuk bakar atau semprot

3.    Melakukan fogging untuk mematikan nyamuk dewasa dan pemberian bubuk abate di bak mandi / tandon air untuk mematikan jentik nyamuk.

Sumber :
HealthToday
Wikipedia
Litbang
Aa-dbd
Sobatsehat
Kompas
Piogama
WHO



Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 Juices and Food. All rights resevered. Designed by Templateism